16 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

16 Manfaat buah apel untuk kesehatan


Hallo sahabat , pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul 16 Manfaat buah apel untuk kesehatan , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan artikel , yang kami tulis ini dapat anda pahami. Baiklah, selamat membaca.


1.Apel membantu menurunkan berat badan
Apel rendah kalori. Ukuran rata-rata apel hanya memiliki sekitar 80 kalori, yang berarti memiliki kandungan air yang tinggi relatif dari konten kalori. Hal ini memungkinkan untuk memiliki rasa yang kepenuhan/kenyang saat mengambil sedikit kalori.

2. Apel mengurangi ldl kolesterol
Apel merupakan sumber yang baik dari pectin yang membantu dalam mengurangi kadar kolesterol ldl. Pectin mengikat kolesterol dan lemak sebelum tubuh menyerap mereka. Polyphenols ditemukan dalam apel juga terbukti bisa menurunkan kolesterol. Dengan makan 2 buah apel per hari, anda dapat menurunkan kadar kolesterol sampai 10 persen.

3. Apel mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (jantung, stroke
Quercetin ditemukan dalam apel telah terbukti dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Sebuah studi dari 40.000 wanita, menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi apel memiliki 13-22 % penurunan resiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke daripada mereka yang tidak.

4. Apel mengurangi resiko diabetes
Pectin dalam apel menyalurkan asam galacturonic untuk tubuh yang memiliki manfaat menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin dan membantu dalam pengelolaan diabetes. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya satu apel sehari adalah 28 % lebih kecil kemungkinannya terhadap diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel.

5. Apel membantu proses pencernaan
Apel kaya akan serat yang diketahui membantu proses pencernaan. Kulit apel dianggap serat dan obat terbaik untuk sembelit.

6. Manfaat apel untuk menjaga kesehatan gigi
Serat dalam apel membersihkan gigi, sedangkan sifat anti virus apel menjaga dari bakteri dan virus. Mengunyah buah apel juga merangsang produksi air liur dalam mulut, yang membantu dalam mengurangi kerusakan gigi dengan mengurangi jumlah bakteri.

7. Apel mengurangi resiko kanker
Flavonoid seperti quercetin hadir dalam apel yang bermanfaat mempertahankan molekul oksigen dari merusak sel-sel individual. Hal ini dapat mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan perkembangan sel-sel kanker. Menurut sebuah studi yang melibatkan 10.000 orang, mereka yang mengkonsumsi apel memiliki resiko 50% lebih rendah terkena kanker paru-paru.
Pada penelitian lain, apel juga bisa mengurangi resiko kanker payudara sebesar 17 persen dan kanker usus sebesar 43 persen. Pengurangan resiko kanker dikaitkan dengan pectin dalam apel (bertindak sebagai serat) yang membantu mengatur buang air besar dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

8. Apel meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Serat larut seperti pectin dalam apel bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut studi, serat larut dapat mengubah sel-sel kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi protein anti-inflamasi, interleukin 4.

9.Apel memperkuat tulang
Apel mengandung flavanoid yang disebut phloridzin, diketahui dapat melindungi wanita pasca-menopause dari osteoporosis dan juga meningkatkan kepadatan tulang. Apel juga mengandung boron yang membantu menguatkan tulang.

10. Apel mengurangi resiko penyakit alzheimer
Sebuah studi yang menemukan, bahwa makan apel dan minum jus apel bisa meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit alzheimer. Menurut sebuah penelitian, quercetin dalam apel dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer.

11. Apel mengurangi resiko penyakit parkinson
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa makan satu apel sehari memasok phytochemical, yang memainkan peranan penting dalam mengurangi resiko penyakit parkinson, gangguan kronis progresif dari sistem saraf pusat yang ditandai dengan fungsi neuron di otak.

12. Apel memelihara pertumbuhan rambut
Sebuah penelitian di jepang pada menunjukkan bahwa b2 procyanidin dalam apel dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

13. Mencegah katarak

Untuk manfaat apel yang satu ini, meskipun penelitian sebelumnya belum terlalu meyakinkan mengenai manfaat apel untuk katarak. Namun studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan katarak.

14. Detoksifikasi hati
Detoksifikasi adalah salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari di zaman yang semakin maju kita tidak akan pernah terlepas dari konsumsi bahan mengandung ‘racun’ apakah itu dari minuman atau makanan. Fungsi hati bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.

16.Mengatasi diare dan sembelit
Apakah anda tidak bisa pergi ke kamar mandi (sulit bab) atau tidak bisa berhenti (diare) ? Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi kedua masalah ini walaupun masing masing bertolak belakang. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.


Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel