16 Manfaat Air Kelapa Bagi kesehatan dan Ibu hamil


14 Manfaat Air Kelapa Bagi kesehatan dan Ibu hamil
16 Manfaat Air Kelapa Bagi kesehatan dan Ibu hamil

16 Manfaat Air Kelapa Bagi kesehatan dan Ibu hamil

Hallo sahabat dirimu, pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul 16 Manfaat Air Kelapa Bagi kesehatan dan Ibu hamil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk  anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan artikel , yang kami tulis ini dapat anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

1. Pengganti cairan tubuh
Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan elektrolit dalam air kelapa sama seperti kandungan cairan yang terdapat pada tubuh manusia. Jadi jika anda habis berolahraga dan banyak cairan terbuang, Anda bisa mengkonsumsi air kelapa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang agar tidak dehidrasi.
2. Menurunkan tekanan darah
Santan memiliki kandungan potasium yang tinggi dan diyakini mampu mengatur tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa santan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, harus hati-hati karena kandungan kolesterol pada santan juga tinggi.

3. Menurunkan berat badan
Daging buah kelapa kaya akan serat alami yang diperlukan tubuh melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah kelapa juga dapat membantu sesorang yang mengalami kesulitan buang air besar. Selain itu daging buah kelapa yang diolah menjadi santan dapat membantu menurunkan berat badan secara bertahap.

4.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan elektrolit dalam buah dapat membantu tubuh mencegah berbagai virus seperti virus penyebab flu. Selain itu air kelapa bersifat sebagai detok alami yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Karena itu, orang tua kita dahulu sering menggunakan air kelapa hijau untuk mengobati keracunan makanan.

5. Meningkatkan energi
Meminum air kelapa merupakan cara alami untuk mendongkrak energi tubuh. Jadi, jika anda mengalami kelelahan setelah seharian beraktifitas, coba minumlah air kelapa
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan elektrolit dalam buah dapat membantu tubuh mencegah berbagai virus seperti virus penyebab flu. Selain itu air kelapa bersifat sebagai detok alami yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Karena itu, orang tua kita dahulu sering menggunakan air kelapa hijau untuk mengobati keracunan makanan.

6. Santan kelapa untuk tulang
Buah KelapaSalah satu pemanfaat buah kelapa, yaitu diambil santannya. Nah, ternyata santan ini memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan tulang. Selain dapat menguatkan tulang, santan juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri tulang yang seringkali diderita oleh para lansia. Santan juga dapat mencegah keropos tulang.

7. Mencegah Infeksi Saluran Kemih
Perubahan hormon serta perkembangan rahim yang menekan kandung kemih bisa menyebabkan masalah infeksi. Hal itu karena ada urine yang tidak dikeluarkan dengan tuntas sehingga menjadi tempat perkembangbiakkan bakteri. Air kelapa muda yang merupakan dierutik alami, dapat membantu membersihkan saluran dan kandung kemih. Urine pun dapat dikeluarkan dengan lancar.

8. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Menurut penelitian, orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium rendah dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, air kelapa muda yang secara alami mengandung kalium dapat membantu mengatur tekanan darah. Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa air kelapa muda dapat membantu peningkatan HDL, atau kolesterol baik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Itulah kenapa air kelapa muda dapat membantu Bunda terhindar dari penyakit kardiovaskular.

9. Menambah Energi
Air kelapa muda mengandung kalium, kalsium, dan klorida yang merupakan mineral terbaik untuk meningkatkan energi ibu hamil. Selain itu, air kelapa mengandung kadar elektrolit alami yang tinggi. Berbagai nutrisi baik seperti serat, mangan, vitamin C, dan riboflavin pun turut terkandung di dalamnya.

10. Mencegah Dehidrasi
Elektrolit alami pada tubuh seringkali terbuang ketika Bunda mengalami morning sickness selama kehamilan. Untuk itulah, air kelapa muda bisa menggantikan elektrolit tubuh dan mencegah dehidrasi. 

Bunda dapat meminum air kelapa muda dua kali dalam sehari untuk menjaga sistem pencernaan dan menambah cairan tubuh. Masalah dehidrasi selama kehamilan bisa membahayakan janin lho, Bun.

11. Mencegah Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan seperti sembelit merupakan gejala yang cukup umum dialami oleh ibu hamil. Bila tidak segera ditangani, kotoran akan menumpuk di organ-organ pencernaan dan menimbulkan penyakit. 

Air kelapa muda dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang bisa melawan bakteri di organ pencernaan. Itu karena air kelapa muda dapat mengubah asam larut menjadi monolarium yang merupakan antivirus untuk melawan bakteri pencernaan.

12. Melancarkan Sirkulasi Darah
Pegal dan nyeri yang sering dialami ibu hamil biasanya terjadi karena sistem sirkulasi darah tidak berjalan optimal. Sirkulasi darah yang tidak lancar juga bisa menyebabkan kurangnya suplai oksigen untuk janin. Kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa muda, dapat membantu memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Alhasil, sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan pegal serta nyeri selama kehamilan pun teratasi.

13. Menjernihkan Air Ketuban
Selama kehamilan, bayi akan menelan air ketuban dan mengeluarkannya sebagai urine, lalu menelannya kembali untuk menjaga agar volume air ketuban tetap stabil. Tetapi, apabila menelan air ketuban yang keruh, bayi bisa mengalami sindrom aspirasi mekonium yang menyebabkan infeksi, masalah pernafasan, bahkan kematian. Hal ini bisa dicegah dengan konsumsi air kelapa. Dengan kandungan elektrolit dan antioksidan di dalamnya, air kelapa muda menyerap lendir dan kotoran dari air ketuban sehingga membuatnya tetap jernih.

14. Menjaga Berat Badan Sehat
Kesegaran air kelapa muda membuatnya menjadi minuman yang lebih sehat untuk menggantikan minuman lain yang berkadar gula tinggi. Selain itu, air kelapa juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak sehingga dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dan mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

15. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Air kelapa mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai antivirus, antijamur, dan antibakteri untuk membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit. Tak hanya dalam air kelapa, asam laurat juga terkandung dalam minyak kelapa.

Ragam manfaat air kelapa yang disebutkan di atas hanya bisa Bunda dapatkan bila mengonsumsi air kelapa muda yang segar, bukan minuman kesegaran buatan. Meski bermanfaat, jangan sampai Bunda hanya mengonsumsi air kelapa muda tanpa diimbangi air putih. Bagaimanapun asupan air putih yang cukup tetap dibutuhkan selama kehamilan.

16. Melemaskan otot
Kesibukan sehari-hari dapat memicu seseorang terkan stres dan otot tegang. Untuk mengatasinya anda bisa meminum air kelapa. Kandungan magnesium dalam air kelapa dan santan dapat membantu melemaskan otot sehingga ketegangan bisa dihilangkan.

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel