13 Manfaat Sayur Rebung Yang Mudah Dijumpai

13 Manfaat sayur rebung yang mudah dijumpai
13 Manfaat sayur rebung yang mudah dijumpai

Hallo sahabat dirimu, pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan artikel , yang kami tulis ini dapat anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

1. Mencegah diabetes
Serat yang tinggi dalam rebung dapat menunda penyerapan gula ke dalam darah sehingga dapat menjaga kenormalan tingkat gula darah setelah makan karena tingginya tingkat gula darah akan sangat berbahaya dan
Bisa menyebabkan resistensi insulin yang mengarah/menuju pada pengembangan diabetes.
Makan rebung sangat dianjurkan bagi pasien diabetes.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Di musim hujan seperti sekarang ini, bakteri dan virus akan lebih mudah menyebar dan menyebabkan sakit. Agar terhindar dari serangan bakteri maupun virus jahat di sekitar kita, tentunya sistem kekebalan tubuh harus kuat dan maksimal. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini sendiri, disarankan agar memanfaatkan rebung. Para peneliti menyebutkan jika nutrisi pada rebung bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin yang terkandung di dalam rebung bahkan dipercaya bisa memaksimalkan kesehatan seseorang.
Menurunkan kolesterol

4. Menurunkan kolesterol. Study menyebutkan jika sayur rebung bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini terjadi karena rebung adalah makanan yang rendah lemak, rendah gula dan rendah kalori. Tak hanya bisa menurunkan kolesterol, rebung juga dipercaya bisa menyehatkan jantung.

5.Menyehatkan pencernaan
Manfaat selanjutnya dari rebung adalah menyehatkan pencernaan. Para ahli yakin bahwa konsumsi rebung secara teratur bisa membuat sistem pencernaan selalu sehat. Beberapa masalah pencernaan bahkan bisa diatasi dengan konsumsi rebung. Salah satu masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan konsumsi rebung adalah cacingan.

6.Melawan kanker
Inilah manfaat luar biasa dan mengejutkan dari rebung. Para peneliti dan ahli kesehatan mengatakan bahwa rebung bisa menjadi makanan yang melawan kanker. Kenapa hal ini terjadi? Karena, rebung tumbuh secara alami dan tanpa bahan kimia. Adanya kandungan fitosterol di dalam rebung seperti amilase, falvone dan klorofil menjadikan rebung sebagai makanan yang tepat untuk melawan risiko kanker.

7. Pilihan makanan untuk diet
Anda yang sedang menjalankan diet, baik itu karena sekedar diet untuk menurunkan berat badan atau diet untuk masalah kolesterol dan diabetes. Tentu saja tidak dapat dipungkiri rebung adalah salah satu pilihan pass untuk masuk dalam menu anda.
Kadar kalori, kadar gula dan kadar lemak dalam rebung demikian rendah sehingga tidak akan beresiko menaikan berat badan dan kadar gula dalam darah.
Malah kadar seratnya akan membantu mengurangi penyerapan lemak dan gula di dalam pencernaan. Dan membantu melancarkan pembuangan.
Menurunkan tekanan darah
Kadar potasium atau kalium dalam sayur rebung ini relatif tinggi. Menurut sumber international scholarly research notices tahun 2014, kadar kalium dalam rebung mencapai 500 mg lebih untuk tiap 100 gram rebung.
Dijelaskan dalam laman harvard health publishing, bahwa mereka yang mengasup kalium dengan cukup akan memiliki keseimbangan elektrolit yang sehat. Dan ini menentukan komposisi air dalam darah termasuk membantu membantu mengembalikan tekanan darah menjadi normal.
Dan kadar kalium dalam sayur rebung bisa memenuhi kebutuhan tubuh setidaknya 12%. Bukan kadar yang berlebihan tetapi sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan kalium dalam kadar yang moderat.

8.Memperbaiki imunitas
Kandungan zink, mangan dan sejumlah mineral serta vitamin lain dalam rebung menjadikan manfaat rebung untuk kesehatan sistem imunitas. Beberapa komponen di dalamnya juga bekerja meningkatkan kerja enzim dalam molekul sel sehingga meningkatkan efektifitas daya tahan sel.
Dalam sayur rebung ini juga tersimpan kandungan karotenoid yang sangat penting untuk kerja imunitas sebagaimana dijelaskan dalam frontiers in zoology tahun 2014.

Selain komponen karotenoid, dalam rebung juga terdapat lutein. Komponen fitokimia ini juga berpengaruh meningkatkan manfaat rebung untuk menstimulasi dan mengaktivasi sel b dan sel t dalam sistem imunitas.
9. Membantu menurunkan berat badan
Rebung yang rendah kalori dan lemak juga tinggi serat sangat cocok bagi mereka yang sedag mencoba untuk menurunkan berat badan. Serat yang tinggi dalam rebung dapat membuat anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama sehingga anda tidak akan mudah merasa lapar.

10. Melawan kanker
Fitonutrien yang ada dalam rebung dapat bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang akan mencegah tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas karena stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan dna dan kemudian menyebabkan kanker.

11. Mengurangi peradangan
Rebung dapat mengurangi sebagian besar peradangan dalam tubuh karena mengandung sifat anti-inflamasi. Mengkonsumsi rebung secara teratur dapat mencegah anda dari peradangan yang disebabkan oleh beberapa infeksi akibat bakteri, virus atau faktor lainnya.

12. Meringankan sembelit
Serat efektif untuk meringankan sembelit. Serat bambu dapat melembutkan feses sehingga feses akan melewati usus besar lebih mudah dan meringankan sembelit.

13. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Rebung mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam melawan beberapa penyakit. Antioksidan dalam rebung jua dapat memperkuat sel sehingga mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh.


Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel