13 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

13 Manfaat sayur kangkung untuk kesehatan
13 Manfaat sayur kangkung untuk kesehatan

Hallo sahabat dirimu, pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul 13 Manfaat sayur kangkung untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan artikel , yang kami tulis ini dapat anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

1.Sebagai pengontrol darah
Kangkung juga bermanfaat untuk pengontrol darah dalam tubuh. Karena kangkung mempunyai zat kimia yang dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

2. Sebagai obat insomnia (sulit tidur)
Kangkung sangat booming sebagai pemicu kantuk. Nah, bagi yang terkena insomnia, sangat di sarankan untuk mengkonsumsi kangkung. Dengan cara yang mudah, kangkung cukup di tumis layaknya makanan sebagai pelengkap nasi.

3. Mengurangi nyeri haid
Sering kali kita merasa nyeri pada saat haid. Kangkung dapat mengurangi rasa nyeri tak tertahankan pada saat haid. Cukup menumbuk daun kangkung lalu tambahkan air hangat, kemudian saring dan tambahkan madu agar ada rasa manis.

4. Menumbuhkan rambut
Siapa yang ingin rambut hitam dan lebat? Rambut merupakan mahkota bagi kaum hawa. Rambut yang sehat adalah rambut yang tidak bercabang, tidak rontok. Untuk menjaga kesehatan rambut, sangat diwajibkan unutk mengkonsumsi sayuran hijau seperti kangkung. Kangkung dapat menjaga dan menumbuhkan rambut yang rontok secara alami. Dengan begitu, rambut akan tetap sehat dan terjaga.
Setelah membahas manfaat dan kandungan kangkung, kita dapat menelaah bahwa makanan yang murah dan mudah didapat ini sangat baik untuk kesehatan. Tapi, dibalik kesempurnaan pasti ada kelemahan / efek samping. Efek sampingnya tidak terlalu berlebihan kok, hanya mata kita menjadi kantuk saja. Bagi yang ingin berkendara jauh, disarankan untuk menghindari kangkung.

5. Mencegah penyakit sariawan
Kangkung yang berwarna hijau ini, mampu mencegah penyakit sariwan. Seperti pada penjelasan sebelumnya, kangkung mengandung vitamin c, yang dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah. Jika anda sedang sakit gigi, inilah obatnya, anda cukup mengunyah daun kangkungnya saja. Daun kangkung mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman pada gigi.

6. Sangat baik untuk ibu hamil
Selain sayur katuk, sayur kangkung juga bermanfaat bagi ibu hamil terutama bagi ibu yang menyusui. Karena kangkung dapat memperlancar asi pada ibu yang menyusui. Selain itu, kangkung juga dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.

7. Menjaga kualitas ota
Patut untuk diketahui, kangkung juga mengandung omega 3 yang bermanfaat bagi kualitas otak. Bagi yang sedang hamil, hanya perlu mengkonsumsi kangkung untuk menjaga kualitas otak janin. Pada masa pertumbuhan anak, para ibu hanya perlu memberikannya asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

8. Menjaga kesehatan mata
Vitamin a pada kangkung sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sekarang ini, banyak sekali yang menderita mata katarak, bukan hanya kaum manula saja, bahkan kaum remaja pun ada. Untuk menjaga kualitas dari kejernihan mata anda, hanya perlu mengkonsumsi kangkung.

9. Mencegah penyakit kolestrol
Mengapa orang indonesia banyak terkena kolestrol? Karena kebanyakan dari orang indonesia lebih mementingkan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mampu mengontrol kadar kolestrol kita, seperti kangkung. Kangkung mampu menontrol kolestrol anda secara alami.

10.Mencegah bau mulut
Bau pada mulut tentu sangat menggangu aktifitas kita. Bau mulut sering terjadi pada saat kita berpusa atau mengkonsumsi makanan yang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tidak perlu khawatir sayuran kangkung dapat menghilang bau pada mulut, karena kangkung mempunyai minyak esential yang dapat mengurangi bau pada mulut.

11. Menjaga kesehatan jantung
Kangkung juga memiliki berbagai nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi vitamin a dan c serta beta-karoten. Nutrisi ini bisa membantu mengurangi radikal bebas di tubuh (sebagai antioksidan) sehingga bisa membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah,yang menyebabkan arteri tersumbat, serangan jantung atau stroke. Selain itu, folat yang ada dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium adalah mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

12. Menjaga sistem imun
Sayuran hijau adalah salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga sistem imun dan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau maka anda dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda.

13. Meningkatkan kualitas otak
Manfaat kangkung dengan kandungan vitamin b kompleks dan omega 3 membantu kinerja otak lebih baik. Sehingga sayur kangkung sangat baik dihidangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, karena mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel